Pemrograman Berorientasi
Objek
Pengertian PBO
Pemrograman
berorientasi objek merupakan paradigma pemrograman berdasarkan konsep
"objek", yang dapat berisi data, dalam bentuk field atau dikenal juga
sebagai atribut; serta kode, dalam bentuk fungsi/prosedur atau dikenal juga
sebagai method. Semua data dan fungsi di dalam paradigma ini dibungkus dalam
kelas-kelas atau objek-objek. Bandingkan dengan logika pemrograman terstruktur.
Setiap objek dapat menerima pesan, memproses data, dan mengirim pesan ke objek
lainnya,
Model
data berorientasi objek dikatakan dapat memberi fleksibilitas yang lebih,
kemudahan mengubah program, dan digunakan luas dalam teknik peranti lunak skala
besar. Lebih jauh lagi, pendukung OOP mengklaim bahwa OOP lebih mudah
dipelajari bagi pemula dibanding dengan pendekatan sebelumnya, dan pendekatan
OOP lebih mudah dikembangkan dan dirawat.
Karakteristik
PBO
Karakteristik
Pemrograman Berorientasi Objek ada 4,Yaitu :
1.Abstraction
2.Encapsulation
3.Inheritance
4.Polymorphism
1.Abstraction
Adalah Cara kita melihat suatu sistem dalam bentuk
yang lebih sederhana, yaitu sebagai suatu kumpulan subsistem (object) yang saling berinteraksi.
2. Encapsulation
Mekanisme menyembunyikan suatu proses dan data dalam
sistem untuk menghindari interferensi, dan menyederhanakan penggunaan proses
itu sendiri.
3. Inheritance
Suatu class dapat mewariskan atribut dan method kepada class lain (subclass), serta
membentuk class hierarchy yang penting untuk Reusability.
4. Polymorphism
Kemampuan untuk memperlakukan object yang memiliki
perilaku (bentuk) yang berbeda
Keunggulan
PBO
1. Meningkatkan produktivitas
Class dan Object pada PBO yang dibuat untuk suatu
problem masih dapat dipakai lagi untuk problem lainnya yang menggunakan objek
tersebut (reusable).
2. Kecepatan pengembangan
karena sistem yang didevelop dengan cara yang baik dan
benar pada saat menganalisis dan merancang akan menjadikan coding yang dibuat
dapat diminimalisir kesalahannya.
3. Kemudahan pemeliharaan
Karena dengan model yang ebrorientasiobjek, pola-pola
yang cenderung tetap dan stabil dapat dipisahkan dan pola-pola yang bisa saja
berubah.
4. Adanya konsistensi
Karena sifat inheritance dan penggunaan fase yang sama
pada saat menganalisis, merancang maupun coding.
5. Meningkatkan kualitas perangkat lunak
karena pendekatan pengembangan selalu dalam keadaan
yang real dan adanya konsistensi pada saat pengembangannya, perangkat lunak
yang dihasilkan akan mampu memenuhi kebutuhan pemakai serta mempunyai sedikit
kesalahan.
Pengertian Class
Di dalam sebuah objek kelas merupakan prototype atau rancangan
yang menafsirkan variabel dan berbagai method pada sebuah objek tertentu.
Fungsinya adalah untuk menampung konten atau isi dari sebuah program yang akan
dijalankan. Dengan kata lain, kelas/class adalah rancangan atau prototype dari
sebuah objek dalam pemrograman berorientasi objek.
Contoh Class
Pengertian Method
Method atau metode merupakan suatu operasi berupa
fungsi-fungsi yang dapat dikerjakan oleh suatu objek. Method didefinisikan pada
class, namun dipanggil melalui objek. Contoh, pada objek buah pear: terdapat
‘metode ambil rasa’, ‘kupas kulit’ dan lain-lain.
Contoh Method
Pengertian Object
Yang dimaksud dengan objek dalam pemrograman
berorientasi objek adalah kumpulan perangkat lunak yang terdiri dari
metode-metode dan variabel yang saling berkaitan. Objek juga merupakan wujud
nyata dari prototype atau rancangan yang disebutkan dalam class tadi.
Contoh Object
Pengertian Inheritance
Dalam pemrograman berorientasi objek, Inheritance/pewarisan adalah
mekanisme mendasarkan objek atau kelas pada objek atau kelas lain,
mempertahankan implementasi yang sama. Juga didefinisikan sebagai menurunkan
kelas baru dari yang sudah ada dan membentuknya menjadi hirarki kelas.
Contoh Inheritance
Pengertian Polymorphism
Dalam bahasa pemrograman dan teori tipe, polimorfisme
adalah penyediaan antarmuka tunggal untuk entitas dari tipe yang berbeda atau
penggunaan simbol tunggal untuk mewakili berbagai jenis.
Contoh Polymorphism
Pengertian Encapsulation
Enkapsulasi/Encapsulation ,dalam pemrograman berorientasi objek,
adalah bundling data dengan metode yang beroperasi pada data itu, atau
membatasi akses langsung ke beberapa komponen objek.
Contoh Encapsulation
Tag Syntax di Bahasa Program Java







LIEUR
BalasHapus